Press "Enter" to skip to content

Antara Cinta Online dan Cinta Offline: Yang Manakah Akan Menjemputmu?

Waktu Baca:3 Menit, 38 Detik

Hidup Tanpa cinta, bagai taman tak berbunga! Begitulah potongan lagu yanag sering kita dengar. Semua manusia di bumi pastilah merasakan yang namanya jatuh cinta. Cinta kepada sang pencipta, cinta pada hewan, cinta pada tumbuhan, atau pada lawan jenis. Cinta itu dapat tumbuh kapan saja, dimana saja tanpa melihat kepada siapa yang ditujunya.

Zaman sekarang merupakan zaman modern bahkan zaman milenial. Segalanya serba mudah dan modern banyak membuat kemudahan bagi manusia itu sendiri. Di zaman ini banyak kita dapati segalanya serba mudah dan instan. Seperti menanak nasi, yang dulunya memakai kayu sekarang semuanya hanya tinggal “Klik”dan nasi akan segera matang hanya dalam beberapa saat.

Dunia dan media online saat ini begitu banyak memudahkan manusia. Di antaranya untuk belajar, bekerja dan tanpa terkecuali dalam hal asmara. Berawal dari saling Nge-Dm, atau menfollow, kemudian saling bertukar nomor, atau saling chatting hingga kemudian merasakan kenyamanan hingga merasakan kecocokan.

Perubahan itu semua, diakibatkan dengan perkembangan zaman yang serba canggih. Khususnya di bidang elektronik yang membuat kita terpukau akan segala kecanggihannya. Ya, Handphone atau Hp yang dizaman sekarang semua orang memilikinya dari yang tua hingga yang muda bahkan belia. Semua membutuhkan Hp dengan seiring berkembangnya zaman milenial ini.

Hp bukan hanya dapat merubah kehidupan, pola hidup, dan kecerdasan seseorang. Bahkan dapat merubah hati seseorang melalui alat canggih ini. Seakan kehidupan seseorang sekarang dapat ditelusuri lewat benda ini. Contohnya saja seperti Instagram, Whatsapp, atau fb. Karena kehidupan telah di lestarikan didunia maya, maka setiap orang akan berlomba-lomba membuat semenarik mungkin dan semenawan mungkin hingga ramai yang melirik kearah sosial medianya.

Pepatah mengatakan “Dari mata turun ke hati” sepertinya kalimat itu salah untuk di zaman milenal dan sosial media. Yang benar ialah “Dari Mata turun ke Jari”.Jika dulu sang lelaki datang memberanikan diri bertanya langsung, maka di zaman sekarang sangat memudahkan mereka dengan berbagai modus dan cara agar perempuan takjub kepada mereka. Cinta online ini, sangat marak di zaman sekarang. Yang mana si lelaki sangat ahli dalam dunia maya, sedangkan sangat pemalu di dunia nyatanya. Hanya melirik perempuan yang dicintai mereka.

Jika zaman dahulu komunikasi jarak jauh menggunakan surat, atau saling menitip antara teman, berbeda dengan sekarang semuanya mudah, dan gampang. Cukup dengan mengetahui nomor whatsapp, atau alamat FB nya, komunikasi tetap akan berjalan dengan lancar. Dan jarak pun tidak menjadi hambatan yang berat seperti dahulu.

Baca juga: Cerpen “Mengubur Belakang Dapur”

Cinta online ini juga sudah banyak yang berhasil di kalangan kaum muda-mudi yang ingin segera menikah. Biasanya kita hanya bisa berkenalan dengan teman sekelas, sekampung, atau seorganisasi. Dengan online, banyak dari mereka yang bisa melakukan pengenalan antar Pulau, bahkan antar negara. Karena jodoh tidak akan pernah berubah atau berpisah, pastilah Allah swt selalu mendekatkan kita padanya jika dia memang jodoh kita.

Maraknya artis seperti Natta Reza dan Wardah maulina yang Allah satukan dalam bingkai pernikahan. Dengan pengenalan mereka yang begitu singkat saling tak mengenal bahkan bertegur sapapun tidak. Hanya melalui Instagram kini mereka telah hidup dalam bingkai pernikahan yang tentram. Begitulah Allah mudahkan ketika seseorang itu memanglah jodoh kita. Dan Allah sulitkan jalan itu, jika memang bukanlah dia jodoh kita.

Ayat pernikahan pun sudah Allah jelaskan dalam al-Quran. Diantaranya dalam Qs. An-Nur ayat 32, Yang mana Allah menghimbau kepada setiap orang yang masih membujang dan layak untuk menikah maka segera menikahlah. Jangan takut biaya hidup setelah menikah, atau mahar perempuan. Karena Allah, akan segera memberi kemampuan kepada yang telah Allah kehendaki. Karena Allah maha luas akan Pemberian Nya.

Maka dari itu, bukanlah sesuatu yang aneh jika kita menjemput jodoh atau dijemput dengan langsung, atau melalui pengenalan dunia maya. Karena kedua-duanya sama saja dimata Allah. Yang penting tata cara penjemputannya lah yang Allah lihat dengan halal atau haramkah perbuatan itu. Maka, mulai hari ini janganlah kita sibuk mencari namun sibuklah kita dengan menjadi. Agar pasangan yang Allah sandingkan dengan kita kelak orang yang benar-benar kita cintai dan membawa kita ke Syurga-Nya.

Yang terpenting dari itu semua, setelah menikah jalanilah kehidupan rumah tangga sesuai syariat-Nya, jangan sibuk dengan dunia online, sedangkan istri atau suami sudah ada di dekatmu. Habiskanlah dan jalanilah kehidupan keseharianmu dengan rahmat Allah dan penuh dengan keharmonisan dan penuh ketakwaan.

Mari sini ku bisikkan sedikit terkait keharmonisan, setiap pulang pasanganmu kau sambut ia dengan senyuman, Tak usah dengan pakaian yang mewah dan menawan, cukup dengan berdiri sembari mengantarkan minuman. Dan menanyakan keluh kesahnya ketika tak berada di dekatmu. Gampang kan?

Facebook Comments

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *