Press "Enter" to skip to content

Dokumen yang Harus Dipersiapkan untuk Mendaftar Beasiswa YTB 2021

Waktu Baca:1 Menit, 51 Detik

Setiap tahun banyak sekali pertanyaan yang selalu sama ditanyakan di akun media sosial beasiswa YTB, salah satu dari pertanyaan-pertanyaan itu adalah “Bagaimana cara mendaftar beasiswa YTB?”, “Apa saja dokumen yang perlu disiapkan?” dan lain sebagainya.

Dalam tulisan singkat ini, kami akan merangkum dokumen apa saja yang perlu disiapkan sebelum mendaftarkan diri di beasiswa pemerintah Turki ini, baik jenjang S1, S2 ataupun S3. Sebelum lanjut membaca artikel ini, silahkan baca dahulu kriteria pelamar beasiswa YTB yang harus dipenuhi. Klik di sini



Dokumen yang perlu dipersiapkan untuk mendaftar;

  1. Kartu Identitas (KTP) atau Passport. Jika belum memiliki keduanya, kamu bisa membuat surat keterangan ke petugas DUKCAPIL daerah masing-masing.
  2. Memiliki foto terbaru untuk diupload ke sistem. Disarankan menggunakan foto biometrik. Jelas, Rapi dan terbaru.
  3. SKHUN (Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional) atau Ijazah dan Transkrip niali untuk pendaftar S1, Ijazah dan Transkrip Nilai untuk pendaftar S2, serta Ijazah dan Transkrip Nilai untuk pendaftar S3. (semua dokumen sudah harus dalam bentuk softfile (PDF/JPG) untuk diupload ke sistem).
  4. Sertifikat ujian bahasa Inggris seperti GRE, GMAT, DELF dan serupa (Jika ada).
  5. Sertifikat bahasa Inggris TOEFL/TOAFL (jika universitas tujuan mensyaratkan).
  6. Proposal Tesis atau Proposal Disertasi (mini proposal) untuk pelamar beasiswa YTB jenjang S2 dan S3, serta Motivation Letter untuk jenjang S1.
  7. Sertifkat lomba, penghargaan, piagam, valunteering, kepanitiaan dan sertifikat/surat keterangan bagi yang pernah bekerja (jika ada).
  8. Surat rekomendasi dari Rektor, Dosen, Guru atau lembaga tertentu.



Untuk cara mendaftar beasiswa YTB secara lengkap, bisa ditonton di kanal YouTube berikut ini. Klik di sini

*Catatan. (1) Sebelum memilih universitas tujuan kamu, sebelumnya harus dipastikan terlebih dahulu apakah universitas tujuan kamu memiliki syarat tertentu seperti harus mencantumkan sertifikat GRE, TOEFL atau sertefikat lainnya terlebih dahulu. (2) Pastikan semua dokumen identitas (KTP/SK dari DUKCAPIL) sudah diterjemahkan ke bahasa Inggris. (3) Dokumen ijazah dan transkrip nilai sangat dianjurkan sudah dalam bahasa inggris. Untuk pendaftar S1, cukup di transkrip nilai UN/Ujian Madrasah terakhir saja. Dokumen transkrip nilai SMP, SD, Pondok Pesantren tidak perlu diterjemahkan. Untuk pelamar S2 dan S3, sangat dianjurkan untuk terjemah ke dalam bahasa Inggris. (4) Dokumen sertifikat, piagam, penghargaan dan lain-lainnya tidak perlu diterjemahkan, cukup dijelaskan di kolom rincian di sistem YTB.



Facebook Comments

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *