Ini adalah 6 Perawi Hadis Terbanyak dalam Sejarah Islam

Para pemerhati hadis sudah pasti tidak akan asing dengan buku dasar untuk belajar hadis, yaitu kitab Taisir Musthalah al-Hadis. Bagi kamu yang pernah mondok di pesantren, pasti pernah belajar kitab ini, atau minimal pernah mendengar nama kitab ini.

Kitab karya Mahmud Tahhan ini berisikan ringkasan pelajaran ilmu hadis. Mulai dari pengertian, hingga teori-teori yang berkembang dalam dunia ilmu hadis. Semuanya dibungkus dengan bahasa Arab yang mudah dipahami dan dipelajari untuk semua kalangan. Saat ini juga sudah banyak terjemahan buku ini dalam bahasa Indonesia.

Salah satu bab dalam buku ini membahas tentang makrifatu sahabat, yang berisikan tentang pengetahuan dasar tentang sahabat. Mulai dari terminologi, jumlah sahabat di dunia dan juga siapa sahabat yang meriwayatkan hadis terbanyak dalam sejarah Islam.

Dalam buku ini tercatat bahwa 6 perawi hadis terbanyak pada generasi sahabat nabi. Mari kita lihat siapa saja orangnya:

Pertama, Abu Hurairah. Siapa sih yang tidak pernah dengar namanya? Umat muslim pasti tidak asing dengan namanya karena sering disebut di berbagai kegiatan agama, mulai dari pengajian, pelajaran kelas, hingga di seminar-seminar ilmiah tingkat nasional dan internasional.

Nama aslinya adalah Abdurrahman bin Shakhr al-Dausi. Dikenal dengan Abu Hurairah (bapak kucing) karena sering membawa kucing kemana-mana, sehingga nabi memberinya nama demikian.

Setidaknya ada 5.384 hadis yang diriwayatkan beliau. Banyaknya hadis yang diriwayatkannya tidak terlepas dari diijabahnya doa nabi Muhammad agar ia diberikan ingatan yang kuat. Nah, setelah peristiwa itu, Abu Hurairah memiliki hafalan yang kuat. Dan hingga saat ini mungkin sudah jutaan ahli hadis yang meriwayatkan hadis darinya.

Kedua, Ibnu Umar. Eits, jangan sampai mengkita ibnu Umar adalah Umar bin Khattab sang Khalifah ya. Seperti namanya, ia adalah anak dari Khalifah ke-2, Umar bin Khattab. Nah, kalau Ibnu Umar sendiri sudah bersama nabi semenjak umur 15 tahun, setelah mengikuti perang Khandaq.

Semenjak itu ia tidak pernah lepas dari nabi. Tercatat ada 2.630 hadis yang diriwayaatkan darinya. Ia juga terkenal dengan ibadahnya yang luar biasa. Bahkan, ia juga pernah disanjung oleh Ummul Mukminin Aisyah yang berkata; “Tidak ada sahabat yang seperti Ibnu Umar dalam mengikuti nabi.”

Ketiga, Anas bin Malik. Jangan terbalik dengan Malik bin Anas ya. Kamu pasti tahu juga siapa Malik bin Anas kan? Kalau Anas bin Malik adalah perawi hadis terbnayak ke-3, kalau Malik bin Anas atau dikenal dengan Imam Malik adalah imam Mazhab dan juga penulis kitab al-Muwattha.

Jumlah hadis yang sudah beliau riwayatkan berjumlah 2.286. Dalam kesehariannya Rasul memanggil Anas dengan nama Unais, bisa diartikan dengan “Si kecil Anas”. Panggilan ini panggilan kesayangan pada Anas bin Malik. Begitu juga dengan Abu Hurairah, asalnya Abu Hurrah, tapi dipanggil dengan Abu Hurairah yang artinya “Bapak dari si kucing kecil”.

Keempat, Ummul Mukminin Aisyah. Sekarang lagi trend lagu Asiyah istri Rasulullah, pasti tahu dong siapa dia, dari judulnya aja sudah ketebak kan? hehe. Anak dari Khalifah ke-2 Umar bin Khattab dan Umi Rumman.

Ada 2.210 hadis yang diriwayatkan dari Aisyah r.a. Selain banyak meriwayatkan hadis, ia juga dikenal dengan keeerdasannya. Ia juga ahli kesehatan, ilmu bahasa dan juga kajian Islam seperti fiqih, tafsir dan hadis tentunya. Bahkan keponakan Aisyah, Urwah bin Zubair pernah berkata: “Tidak ada yang ku lihat lebih cerdas dalam ilmu agama, keseharan dan syair daripada Aisyah r.a”.

Kelima, Ibnu Abbas. Nama lengkap beliau adalah Abdullah bin Abbas, sepupu nabi Muhammad. Ayah Ibnu Abbas dan ayah nabi Muhammad merupakan anak dari Abdul Muththalib. Tidak heran kalau banyak juga hadis yang diriwayatkan, beliau masih termasuk orang terdekat dengan nabi.

Total hadis yang diriwayatkan dari Ibnu Abbas adalah 1.660 hadis. Ia adalah salah satu sahabat yang dekat dan disayang Nabi. Ia meninggal pada umur ke-71 tahun. Ia dikenal dengan orang yang alim dan suka bertanya tentang ilmu. Di hari wafatnya Abu Hurairah berkata: “Hari ini telah wafat ulama umat Islam”.

Keenam, dan terakhir versi kitab Mustalah al-Hadis adalah Jabir bin Abdillah. Ia tercatat meriwayatkan hadis sebanyak 1.540 hadis. Ia adalah anak dari Abdullah bin Amr bin Hamran. Tidak pernah absen dalam setiap perang, kecuali perang Badar dan Uhud.

Nah, itu semua adalah 6 perawi terbanyak dalam sejarah Islam. Jangan lupa dipelajari lagi kitab Mustalah al-Hadisnya ya. Jangan lupa ngaji, ngaji quran, ngaji hadis dan ngaji ilmu.

Admin Santri Tulen

Admin Website santritulen.com

Artikel Menarik Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *